Kamis, 26 Januari 2017

Warga desa Glisgis adalah petani penghasil jagung. selain jagung, juga menanam tumbuhan lainnya seperti cabai, singkong, kacang dan padi. Banyak dari petani jagung membiarkan hasil panen mereka sampai kering kemudian dijual atau ditanam kembali. Untuk meningkatkan hasil jual jagung tersebut, kami dari Team 15 memberikan pembelajaran hasil olahan dari jagung muda dan jagung kering yaitu Legung dan Margis.

Sebut s
ajLegung (Lepet Jagung) dan Margis (Marning Glisgis). Sekali-sekali nikmati camilan tradisional seperti lepet jagung untuk sarapan. Rasanya manis-manis gurih. Sebungkus lepet jagung siap memberikan tambahan energi dan nutrisi.





Berikut video tentang pembuatan Legung oleh Team KKN 15
https://youtu.be/OkRymkijv_8
Lepet jagung merupakan jenis camilan ringan khas Jawa Timur. Umumnya dinikmati bersama secangkir teh atau kopi, susu hangat juga boleh. Cocok juga disajikan saat sarapan. Kuenya mirip seperti lepet atau timus, namun lepet yang satu ini terbungkus oleh daun jagung muda(harusnya sih wkwk).

Camilan manis ini terbuat dari biji jagung yang sudah dipipil dan ditumbuk atau diparut. Kemudian dicampur dengan gula pasir, kelapa parut dan santan kental(klo santan sesuai selera). Juga ditambahkan sedikit tepung maizena agar teksturnya lebih padat. Rasanyapun manis gurih dan kenyal legit.

Dibalik kelezatannya, lepet jagung yang berbahan utama jagung segar ini mengandung banyak nutrisi. Seperti karbohidrat, protein, kalsium, posfor dan vitamin B1. Lepet jagung juga mengandung serat yang berguna untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sembelit hingga mencegah risiko terkena kanker kolorektal.

Sedangkan kandungan vitamin B terutama thiamin dan niacin di dalamnya, berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan mencegah kekurangan gizi. Kandungan kalori di dalamnya cukup banyak, sehingga dapat memberikan tambahan energi untuk beraktifitas. Jika ingin menyantap lepet jagung pagi ini, jangan lupa sediakan secangkir teh manis hangat atau kopi.

0 komentar:

Posting Komentar